Sunday, November 12, 2017

Mencari Tambahan di Era Digital

Anak muda yang saat ini baru memasuki dunia kerja merasakan banyak perbedaan dengan ketika masih bersekolah. Mereka mulai menerima gaji, mengatur, dan menikmati uang sendiri.

Dalam beberapa tahun, ada keinginan untuk menambah gaji atau penghasilan. Salah satu cara untuk menambah gaji adalah meningkatkan kinerja yang sudah dilakukan. Cara lain adalah meningkatkan kapasitas sehingga dapat melakukan lebih banyak hal. Pada era ekonomi digital seperti sekarang ini, sebenarnya banyak hal dapat dilakukan untuk menambah penghasilan.


Keahlian atau keterampilan bisa dibilang sebagai mata uang di masa depan. Jika kita memiliki keahlian yang sedang banyak dicari di pasar tenaga kerja, peluang kemampuan kita untuk mendapatkan uang pun semakin besar. Dengan memiliki kemampuan beragam, peluang memperoleh penghasilan semakin beragam. Keahlian baru dapat digunakan di luar pekerjaan rutin, di akhir pekan, atau dapat digunakan untuk membangun perusahaan sendiri. Mengapa tidak?

Misalnya, seorang karyawan bank yang berminat dan memiliki keahlian sebagai pengembang gim bisa mendapat penghasilan tambahan dari keahlian sampingannya itu. Jadi, membangun keahlian yang sedang dicari merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang lebih.

Cara untuk mengembangkan keahlian tidak sulit seperti masa lalu. Saat ini sudah ada banyak buku referensi, baik dalam bentuk kertas maupun elektronik. Mau belajar dengan ahli yang berada di seberang lautan pun mudah. Tinggal mengikuti kursus dalam jaringan (daring). Mau belajar pemasaran digital, tidak sedikit mentor yang bersedia meluangkan waktu untuk mengajari keahlian yang sedang dicari itu.

Banyak juga cara murah yang tersedia di dunia maya untuk belajar menjadi pengisi media sosial korporasi atau untuk menjadi pengisi konten media sosial.

Mulailah dengan mendapatkan ilmu secara gratis. Dari ilmu yang diperoleh secara gratis tersebut, mungkin sudah ada yang dapat menghasilkan uang. Setelah mendapatkan uang tambahan untuk menggali ilmu yang lebih dalam lagi, mengeluarkan uang untuk mendapatkan ilmu dari para ahli bukan hal yang sulit dilakukan.

Keahlian yang diperlukan di masa sekarang ini, antara lain menganalisis data, coding, pemasaran digital, mengisi konten media sosial, dan lainnya.

Lagi-lagi, pada zaman digital ini, menjual keahlian tidak sesulit di masa lalu. Membuat blog merupakan salah satu cara agar orang lebih mengenal kita. Kita perlu kreatif agar perhatian tertuju kepada kita dan keahlian kita itu. Pengguna jasa tak lagi berpikir ulang untuk menggunakan jasa sesuai keahlian kita itu. Apalagi, jika sudah ada satu klien besar yang membuat kepercayaan orang terhadap kita semakin meningkat.

Banyak cara baru untuk menambah kemampuan kita dan menambah pundi-pundi uang kita. (Joice Tauris Santi)

Sumber: Kompas, 11 November 2017

No comments:

Post a Comment